Rakernas APEKSI XVI, Makassar Hadirkan Panggung Seni Ajang Perkenalkan Seni Budaya se Indonesia

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Rakernas APEKSI XVI yang akan berlangsung di Kota Makassar dengan menghadirkan sekitar 98 kepala daerah dari seluruh kota se Indonesia, akan memfasilitasi hadirnya panggung seni, beri peluang seluruh kota untuk memperkenalkan seni dan budaya mereka.

Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Kebudayaan Makassar, Herfida Attas, yang menurutnya hingga saat ini telah terdata sebanyak 50 Kota, yang siap tampil di panggung seni yang akan digelar sejak tanggal 11 hingga 14 Juli mendatang.

“Setiap harinya sejak tanggal 11 Juli, setiap kota akan diberi kesempatan untuk menampilkan pentas seninya, dan tentunya Kota Makassar akan turut terlibat memberikan sajian pentas seni terbaik nantinya,” tutur Herfida.

Baca Juga:   Pj Gubernur Bahtiar Instruksikan Kepala DKP Sulsel, Segera Siapkan Rencana Pembangunan Rumpon

Khusus untuk pentas seni dari Makassar, akan menampilkan seni etnis Toraja, dengan kostum yang didesain sendiri, dengan 3 corak/warna, yakni merah, putih dan hitam.

“Konsep tarian ini, bercerita tentang perjalanan sebuah daerah yang melibatkan segala aspek sosial di dalamnya. Tarian ini mengusung etnis Toraja sebagai dasar pijakan gerak dasar tari, karena memiliki nilai estetik kepariwisataan yang telah dikenal hingga mancanegara,” lanjutnya.

Di akhir penutupan panggung seni, tanggal 14 Juli juga akan menghadirkan band nasional yakni Armada Band.

Selain itu, akan ada pula karnaval seni yang digelar di area Center Point of Indonesia, melalui karnaval ini, sebanyak 98 kota akan menggunakan pakaian adat masing-masing, dan melakukan pawai, mempererat dan saling memperkenalkan budaya masing-masing.

Baca Juga:   Kunker di Makassar, Menteri Sosial Bertemu dengan Andi Sudirman di Benteng Rotterdam

“Melalui Rakernas Apeksi XVI, akan ditampilkan berbagai keindahan dalam keberagaman seni dan budaya, meskipun Indonesia terdiri dari berbagai perbedaan, namun akan terlihat indah dan saling melengkapi,”¬†tutupnya.¬†(*)

Comment