Pusat Produksi dan Jasa Poltekbos Berikan Pelatihan Pengelasan 3 F

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Politeknik Bosowa (Poltekbos) membuka pelatihan pengelasan 3F yang dilakukan di Workshop Poltekbos.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi agar efektivitas, efisiensi dan produktivitas kerja meningkat dan keselamatan kerja dalam pekerjaan pengelasan lebih terjamin.

Menurut Ketua Pusat Produksi dan Jasa Poltekbos, Nur Azhary Iriawan, S.ST., M.T materi pelatihan meliputi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3), Pengenalan Gambar Teknik Las, Alat Bantu Pengelasan, Persiapan Pengelasan, Teknik Pengelasan,  Proses Pengelasan, Pengelasan SMAW hingga 3F dan Produk Hasil Pengelasan.

” Selama materi berlangsung diharapkan, peserta mampu menerapkan prinsip – prinsip kesehatan keselamatan kerja serta dapat menerapkan prosedur mutu dan mampu melakukan pekerjaan teknik secara individu maupun kerja sama tim,”pungkasnya, Kamis(27/6/24).

Tak hanya itu saja, dengan mengikuti pelatihan ini peserta akan mendapatkan beberapa manfaat seperti Ilmu pengetahuan (Knowledge), Para peserta pelatihan yang dilatih diharapkan mendapatkan Ilmu pengetahuan yang cukup untuk dapat mengerjakan tugasnya yang akan diberikan.

Kedua, kemampuan (skill), para peserta pelatihan yang dilatih diharapkan dapat dan mampu melakukan tugas saat ditempatkan pada proses yang telah ditentukan.

Ketiga,penentuan sikap (attitude), setelah melakukan pelatihan diharapkan para peserta pelatihan dapat memiliki sikap kerja, minat dan kesadaran atas pekerjaan yang akan dilakukannya.

Lebih lanjut, proses pengelasan menggunakan elektroda terbungkus atau Shielded Metal Arc Welding (SMAW) merupakan suatu proses penyambungan dua buah keping logam atau lebih dengan memanfaatkan panas yang terjadi dari loncatan elektroda pada 2 buah kutub yang berbeda.

Sehingga panas tersebut dapat mencairkan keping logam tersebut kemudian dengan menggunakan bahan tambah yang disebut elektroda terbungkus maka dua logam yang mencair menjadi logam yang padu dan membentuk suatu sambungan yang tetap.

Comment