Gubernur Sulsel Bersama Kepala Basarnas, Pantau Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman,  melakukan pemantauan area Perairan Kepulauan Pangkep menggunakan helikopter, Minggu  (29/5/2022) pagi.

Sekitar lebih dari dua jam lamanya, Andi Sudirman bersama Pangkoopsud II, Marsda TNI Minggit Tribowo, Kaskoopsud II. Marsma TNI DJhon Amarul, Danyonif Raider 700/WYC Mayor Inf Sarman, Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi, dan Kepala BPBD Sulsel Muhammad Firda, melakukan pemantauan dari udara untuk membantu pencarian korban tenggelam kapal Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi.

Dari data Basarnas Sulsel, Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi yang memuat 42 penumpang tenggelam di Selat Makassar, sekitar pukul 03.30, pada Kamis (26/5/2022).

Namun, informasi tenggelamnya kapal tersebut baru diketahui Basarnas pada Sabtu (28/5/2022). Dari 42 penumpang, 17 diantaranya sudah ditemukan selamat. Sementara 25 orang lainnya masih dalam pencarian.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Pangkoopsud II Marsda TNI Minggit Tribowo, Kaskoopsud II, Marsma TNI DJhon Amarul, Kepala Kantor SAR Provinsi Sulawesi Selatan Djunaidi, Mayor Inf Sarman, Danyonif Raider 700/WYC (Mewakili Pangdam XIV/Hsn), Kalaksa BPBD Provinsi Sulawesi Selatan M. Firda,  beserta staf khusus,  menggunakan Helly H-3211 Super Puma untuk melakukan pencarian via udara, di sekitar lokasi kecelakaan kapal Ladang Pertiwi 02 di perairan Selat Makassar. 

“Upaya pencarian sudah dilakukan oleh Basarnas, hingga saat ini 17 korban telah ditemukan. Hari ini kami bersama dengan TNI AU membantu pencarian lewat udara,  sehingga bisa memantau lebih luas”, terang Djunaidi, Kepala Kantor Basarnas Makassar. 

Pesawat Helly H-3211 Super Puma dengan 5 orang crew dari Internal TNI AU,  berangkat dari Lanud Hasanuddin pada Pukul 08.15 WITA, dengan ketinggian pencarian di bawah 10.000 kaki. Pesawat menyisir perairan yang diduga terdapat korban. Dengan lama pencarian pesawat yaitu 1 jam 45 menit 

Comment