Siagakan Ambulans 24 Jam Cara Gojek Beri Rasa Aman untuk Mitra di Makassar

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Kenyamanan dan keamanan mitra driver selalu menjadi prioritas Gojek. Untuk itu Gojek selalu berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para mitra drivernya di Kota Makassar melalui solusi inovatif khususnya bagi para mitra driver GoRide.

Prioritas tersebut sejalan dengan data nasional NTMC Polri yang menunjukkan banyaknya jumlah korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas. Bahkan selama tahun 2022, jumlah kecelakaan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2021. Dalam kurun Januari-September 2022, jumlah kecelakaan meningkat 34,60 persen, sementara jumlah korban meninggal dunia meningkat 3,72 persen. Transportasi online sebagai salah satu pilihan transportasi masyarakat yang semakin bertumbuh, juga turut menghadapi risiko yang sama.

Sebagai platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara dan pelopor model ekosistem multi-layanan, termasuk  transportasi,  pengiriman  makanan,  logistik,  dan  lainnya,  Gojek  menaruh perhatian serius terhadap keamanan dari para mitranya. Sejak 2019 Gojek memberdayakan mitra pengemudinya dengan memberikan  pelatihan dasar P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan), berkendara aman (safety riding) serta menyediakan fasilitas ambulans yang siaga 24 jam.

Dian saat mendapatkan pertolongan pertama dan penanganan khusus  dari tim medis ambulance Gojek Kota Makassar sesaat setelah mengalami kecelakaan lalu lintas.

Dian Karmila, mitra Gojek asal kota Makassar mengalami kecelakaan pada awal Januari 2023 lalu. Saat itu ia sedang menerima pesanan makanan melalui GoFood. Kecelakaan ini diakibatkan oleh pengendara motor yang secara tiba-tiba menabrak dirinya dari belakang hingga terjatuh.

“Waktu itu saat kecelakaan saya sempat pingsan beberapa saat kemudian sempat ditolong rekan-rekan mitra Gojek lainnya. Rekan mitra  Gojek  sempat  menangani  kemudian  driver  yang  lain  menghubungi  tim  Satgas  Gojek    yang kebetulan sedang  patroli dan beberapa menit kemudian datang ambulans Gojek,” ujarnya.

Dian bercerita setelah mendapatkan penanganan ambulans Gojek dan diantarkan ke rumah sakit, ia juga diantarkan pulang ke rumah.

“Semoga dengan adanya ambulans ini bisa banyak membantu hal-hal yang tidak terduga seperti kecelakaan, bukan hanya untuk mitra driver tapi juga untuk masyarakat luas yg membutuhkan.  Secara  pribadi  menjadi  mitra  driver  Gojek  saya  merasa  aman  juga  terbantu  dan berterima kasih kepada tim Satgas Gojek Makassar yang sudah ikut mengevakuasi dan menolong saya secara cepat sehingga dapat ditangani dengan baik ”lanjutnya.

Walikota Makassar Danny Pomanto mengapresiasi upaya Gojek memberikan layanan dan fasilitas optimal bagi mitranya khususnya di bidang sosial.

“Transportasi online khususnya GoRide yang sudah menjadi pilihan transportasi masyarakat Makassar saat ini kan semakin bertumbuh,tentu mereka turut menghadapi risiko kecelakaan di jalan, saya apresiasi Gojek yang sudah menyediakan layanan preventif seperti ambulans ini,” ujarnya.

Danny menghimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di jalan raya, selalu siaga. “Kami berharap fasilitas ambulans, serta pelatihan berkendara aman dari Gojek juga dapat mendukung upaya pemerintah kota Makassar menekan risiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya melalui pelatihan yang komprehensif dan tepat guna bagi mitra driver,'” ujarnya

Terpisah,  Ketua  PMI  Kota  Makassar,  Dr.  Syamsu  Rizal  MI  turut  menyampaikan apresiasi terhadap keseriusan Gojek memberikan fasilitas optimal dan dapat menjadi contoh bagi industri serupa.

“Apresiasi kepada Gojek yang menyediakan ambulans siaga 24 jam ini. Upaya ini selalu terdepan dalam merespon dan membantu mitra dan konsumennya berkendara aman di jalan raya. Semoga Gojek terus menjaga kesiapan crew ambulance yg sudah terstandarisasi dengan keahlian ambulance, dan upaya Gojek ini bisa diikuti oleh perusahaan dan penyedia aplikasi lainnya,” ujarnya.

Guntur Arbiansyah selaku Head of Corporate Affairs Gojek Indonesia Timur menyampaikan, “Kami berharap mitra kami selalu aman saat mereka sedang beraktifitas. Namun sebagai tindakan preventif, kami menciptakan fitur keamanan yang komprehensif. Penanganan kecelakaan lalu lintas yang cepat dan tepat, sangat penting untuk mengurangi risiko yang lebih berat. Untuk itu kami menghadirkan armada ambulans  yang  siaga  24  jam  7  hari  seminggu,  serta  tim  unit  reaksi  yang  siap  membantu  dan mendampingi mitra driver dalam kondisi darurat”.

Guntur melanjutkan, sejak pihaknya telah mengedukasi ribuan mitra driver mengenai pentingnya meningkatkan kepatuhan berlalu lintas yang aman saat beraktivitas. Bahkan di beberapa kota termasuk di kota Makassar Gojek juga melatih mitra dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

“Dengan besarnya komunitas mitra Gojek di Makassar, kami melihatnya sebagai potensi yang positif,. Dengan pembekalan kemampuan dasar dalam menangani kecelakaan, khususnya pertolongan pertama, kami berharap mitra Gojek bisa mengambil peran penting dalam situasi kritis,” tutup Guntur.

Selain membantu mitra yang mengalami kecelakaan lalu lintas, ambulans Gojek juga akan berkeliling ke semua titik kumpul komunitas dan memberikan pengecekan kesehatan secara gratis. Armada ambulans turut didukung tim medis dan pengemudi berpengalaman dan bersertifikasi resmi untuk menangani pengobatan dan medis saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

Comment