Lepas Mahasiswa KKN Tematikan Angkatan 55, Ini Harapan Rektor Unibos

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Angkatan 55 Tahun Akademik 2023/2024.

KKN Tematik ini mengusung beberapa tema yang disesuaikan dengan fakultas di Unibos serta program Merdeka Belajar Kuliah Merdeka (MBKM) sebagai instrumen pembelajaran masa kini.

Adapun tema yang diusung pada KKN Angkatan 55 ini yakni KKN Literasi Digital, KKN Infrastruktur, KKN Pengambangan Desa Wisata, KKN Ekonomi Kreatif, KKN Agrokompleks, KKN Penyadaran Hukum, KKN Pelayanan Kesehatan, serta Program MBKM yang dapat di konversi seperti Kampus Mengajar, Magang Mandiri, dll.

Dalam laporannya, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Ir. H. Syahrul Sariman, M.T. menjelaskan kebaharuan tema dari KKN Tematik Angkatan 55.

“Setelah melangsungkan KKN hingga 55 Angkatan ini, kami telah mengusung banyak tema yang disesuaikan dengan fakultas masing-masing. Dan untuk Angkatan 55 ini, kami kembali melaksanakan tema baru yakni Literasi Digital dari hasil kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo),” jelasnya.

Di sisi lain, Rektor Unibos, Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T., M.Si. turut menuturkan pandangannya terhadap program KKN bagi mahasiswa.

“KKN adalah ujian yang harus dihadapi oleh mahasiswa untuk dapat diterima di kalangan masyarakat. Melalui program-program dengan tema beragam yang telah di usung, saya harap mahasiswa-mahasiswa dapat menciptakan inovasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia juga menitipkan pesan pasa mahasiswa agar dapat beradaptasi dan tetap menjaga kepercayaan masyarakat.

“Melakukan kesalahan di lingkungan kampus itu hanya akan mendapatkan sanksi seperti di skorsing, tetapi ketika melakukan kesalahan di masyarakat sanksinya sangat berat yaitu kehilangan kepercayaan. Maka saya harap mahasiswa untuk jaga kepercayaan masyarakat, untuk menghindari citra buruk pada diri dan universitas,”┬átuturnya.

Comment