Sekolah Alam Bosowa Memperkenalkan Anak-Anak pada Perpustakaan Ibu dan Anak

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Untuk meningkatkan minat literasi anak sejak usia dini, Sekolah Alam Bosowa mengadakan kunjungan ke layanan perpustakaan Ibu dan Anak Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, (29/5/2023).

Guru Playgroup, Ninin Wahyuningsih menjelaskan bahwa program literasi yaitu membaca buku bersama telah rutin diterapkan sebagai salah satu kegiatan pijakan sebelum anak memasuki kegiatan inti dalam proses pembelajaran dengan pendekatan metode BCCT atau sentra yang aplikasikan di Sekolah Alam Bosowa.

“Berhubung tema pembelajaran saat ini yaitu buku, maka melalui kunjungan ini kami ingin memberikan experiental learning yang menyenangkan dengan mengunjungi perpustakaan di luar lingkungan sekolah” ucap Ninin.

Perpustakaan khusus Ibu dan Anak yang berlokasi di Jl. Lanto Dg Pasewang ini menyediakan beragam koleksi buku serta fasilitas media pembelajaran dan bermain yang edukatif sesuai dengan kebutuhan anak usia PG-TK.

Kegiatan diawali dengan siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh salah satu pustakawan yang membawakan cerita berjudul “Semut dan Gajah”. Kemudian dilanjutkan dengan membaca buku bersama.

“Membacakan dongeng dan membaca buku bersama rutin diadakan di perpustakaan menjadi upaya kami untuk menumbuhkan minat baca anak” jelas Nisfu, pustakawan.

lanjutnya, Nisfu juga menjelaskan manfaat anak perlu dikenalkan dengan dunia buku sedini mungkin karena anak yang gemar membaca sejak kecil dapat lebih aktif, memiliki perbendaharaan bahasa, melatih sosial emosional, kognitif, serta imajinasi dan kreativitas.

Setelah kegiatan membaca, dilanjutkan dengan kegiatan bermain bebas di lingkungan perpustakaan yang menyediakan beragam fasilitas bermain yang tidak hanya menghibur namun juga mendidik.

Ninin mengungkapkan harapannya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan minat baca anak dan juga memberikan pengalaman baru melalui kegiatan outing ke perpustakaan bukanlah hal yang membosankan namun justru menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Comment