Berlibur Hemat, Why Not?

MEDIAWARTA.COM – Sungguh menjengkelkan kalau kita tahu penumpang yang duduk di sebelah di pesawat udara ternyata membayar lebih sedikit untuk tujuan yang sama. Sayangnya, kebanyakan tidak menyadari adanya berbagai pilihan ketika membeli tiket pesawat udara, tiket kapal pesiar, atau memesan kamar hotel. Harga tiket sering berubah, dan semua agen perjalanan akan menjual tiketĀ  dan kamar dengan harga tertinggi.

Tetapi, tidak usah khawatir karena Anda bisa mandiri mencarinya. Mungkin ada beberapa jenis harga untuk tempat duduk yang sama di pesawat udara kelas ekonomi. Inilah sebabnya, setiap harga akan diberi ciri dengan kode huruf, dan setiap huruf memiliki aturan (kode) berbeda. Salah satu jenis harga, mungkin mengharuskan Anda membelinya tiga puluh hari di muka, menginap pada malam Minggu, dan denda 50 persen jika perjalanan dibatalkan.

Jenis harga yang lebih tinggi untuk tempat duduk yang sama mungkin merupakan bagian kesepakatan pembelian dua hari di muka dan tidak dapat dikembalikan. Harga ini juga tergantung pada hari keberangkatan Anda, di mana Selasa dan Rabu biasanya merupakan hari termurah, dan Jumat, Sabtu, Minggu adalah hari-hari termahal.

Jadi, bagaimana caranya mendapatkan jenis harga terendah? Selalu tanya harga tiket terendah. Jika Anda tidak menanyakannya, kemungkinan besar harga terendah ini tidak ditawarkan kepada Anda. Tanyakan pula apakah perjalanan pada hari tertentu akan lebih murah, atau apakah ada tanggal lain yang akan menurunkan harga.

Ketika memesan tempat untuk kapal pesiar, tanyakan potongan harga untuk pemesanan jauh di muka, atau promosi yang memberikan tiket pesawat gratis ketika memesan tempat; atau memilih kabin yang tidak terlalu mahal, Anda masih mendapatkan layanan kapal yang sama seperti orang-orang yang membayar mahal.

Beberapa hotel akan menghabiskan anggaran perjalanan Anda. Ada nasihat yang baik untuk memesan kamar pada malam pertama saja. Kemudian, setelah Anda tiba di sana, bisa mencari hotel yang lebih kecil dengan harga yang lebih baik. Tetapi jika Anda mencari perjalanan paling murah, yang terpenting adalah bersikap fleksibel.

Untuk mendapatkan biaya hotel yang termurah, jangan menggunakan jasa telepon kelompok hotel, tetapi menghubungi langsung hotel yang bersangkutan dan rundingkan sendiri. Ingatlah, bahwa kamar yang tidak terjual adalah kehilangan penghasilan bagi si Hotel.

Bisakah Anda melakukan perjalanan dengan satu koper kecil saja? Jika ya, mungkin bisa memilih penerbangan pengiriman barang. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, penerbangan ini bisa banyak mengurangi biaya. Biasanya Anda harus mengikuti tanggal dan jadwal penerbangan mereka, tetapi layanan pengiriman barang yang memiliki reputasi yang baik bisa menawarkan penerbangan ke tempat jauh dengan biaya yang sangat rendah.

Jika Anda sangat fleksibel, mungkin ingin mempertimbangkan penerbangan penyewaan. Penerbangan ini lebih murah ketimbang penerbangan yang sudah terjadwal, karena Anda menjadi bagian dari sekelompok tempat duduk dan bukan membeli satu atau dua tiket.

Pilihan murah lainnya bisa ditemukan melalui konsolidator, atau agen tiket pesawat yang membeli sekumpulan tiket untuk dijual dengan potongan harga ke pembeli pribadi. Anda bisa menghemat lima puluh persen untuk tempat duduk yang tidak terjual, tetapi untuk menemukannya perlu mencari melalui iklan mini surat kabar.

Jenis tiket yang belum terjual di saat-saat terakhir, klub perjalanan, perusahaan penerbangan yang lebih kecil, atau bandar udara sekunder adalah cara lain untuk mengurangi biaya penerbangan, tetapi perlu diingat cara-cara ini hanya cocok jika berangkat seorang diri.

Pilihan yang lebih baik untuk perjalanan keluarga adalah menemukan perjalanan yang lebih murah melalui internet. Kemana pun Anda pergi untuk membeli tiket atau memesan tempat, tanyakan semua kemungkinan yang bisa diteliti sebelum mengambil keputusan.

Comment