Peringati HUT ke-77, Persit KCK PD XIV/Hasanuddin Beri Perhatian Khusus pada Kesehatan

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin Ny. Desi Totok Imam memimpin kegiatan Medical Chek Up serta USG Mammae dan Donor Darah sebagai rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-77 Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2023, bertempat di Rumah Sakit Tk. II Pelamonia Kesdam XIV/Hsn, Kota Makassar. Selasa (14/03/2023).

Kegiatan donor darah dan medical check-up serta USG Mammae dan Donor Darah yang diselenggarakan pada saat ini, selain untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Persit, juga merupakan salah satu wujud kepedulian Persit KCK PD XIV/Hasanuddin dalam mencermati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya masalah kesehatan.

Dalam sambutannya Ketua Persit KCK PD XIV/Hasanuddin mengatakan bahwa Kegiatan medical check-up yang dilaksanakan pada hari ini untuk mengetahui dan mengecek kondisi kesehatan, sekaligus mendeteksi penyakit secara dini, karena semakin dini suatu penyakit terdeteksi, maka makin cepat pula pertolongan dapat diberikan sehingga penyakit tidak berlanjut ke tahap yang lebih serius.

“Begitu pula tentang kegiatan USG Mammae yang dilaksanakan pada hari ini adalah sebagai bentuk kepedulian dalam menyikapi kondisi yang berkembang di masyarakat dimana akhir-akhir ini, tingkat kematian bagi kaum wanita akibat kanker payudara cukup tinggi”, Jelasnya.

Lebih lanjut Ny. Desi Totok Imam menuturkan, terkait kegiatan donor darah yang dilaksanakan ini, merupakan salah satu wujud kepedulian Persit KCK PD XIV/Hasanuddin dalam mencermati problema dan kendala yang masih dihadapi beberapa pengelola rumah sakit dalam mengatasi masalah kesehatan, terutama oleh Palang Merah Indonesia adalah tentang terbatasnya persediaan darah yang sangat diperlukan masyarakat.

“Sebagai makhluk sosial, kita merasa terpanggil untuk ikut bertanggung jawab terhadap permasalahan kemanusiaan, terutama dalam memberikan persediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkannya, karena setetes darah yang kita sumbangkan akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan transfusi darah”, Ungkapnya.

Di akhir sambutannya Ketua Persit KCK PD XIV/Hasanuddin berharap agar kebersamaan dan keterpaduan dalam melaksanakan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

“Begitu pula kepada para pengurus dan anggota Persit, serta pihak lainnya yang menyumbangkan darahnya melalui kegiatan donor darah ini, saya menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya karena darah yang disumbangkan tentu akan sangat menolong jiwa saudara kita yang membutuhkannya”, Tutupnya.

Untuk diketahui target kantong darah pada kegiatan ini yakni sebanyak 428 kantog darah. Sedangkan para pendonor yakni para Prajurit, PNS, Persit KCK PD XIV/Hasanuddin serta dari Jalasenastri dan Pia Ardhya Garini yang berada di wilayah Kota Makassar.

Comment