Garin Nugroho dan Ajeng Parameswari jadi pembicara di Roadshow JAFF18 Makassar

Foto: Masyudi Firmansyah/Mediawarta

MEDIAWARTA, MAKASSAR – Festival film terbesar di Indonesia, Jogja-Netpac Asian Film Festival 2023 (JAFF18) bakal digelar di Yogyakarta, pada 25 November sampai 2 Desember 2023 nanti.

Dalam rangka menyambut gelaran tersebut, Bioskop Online dan JAFF melaksanakan roadshow Road to JAFF18 di beberapa kota di Indonesia.

Di Kota Makassar, kegiatan roadshow ini berlangsung di Rumata’ ArtSpace, Jalan Bontonompo, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Minggu (12/11/2023).

Sebelumnya, roadshow sudah berlangsung di Medan pada 21 Oktober dan Palembang pada 28 Oktober, dan masih akan berlangsung di Semarang.

JAFF 18th Roadshow Makassar menghadirkan dua narasumber pada sesi Shaping The Local Narrative, yakni Ajeng Parameswari (President of Bioskop Online) dan Garin Nugroho (Film Director; Festival Founders of JAFF)

Selain itu, juga ada sesi film screening, menayangkan film Ininnawa: An Island Calling karya Arfan Sabran, yang merupakan pemenang film dokumenter panjang terbaik FFI 2022.

President of Bioskop Online, Ajeng Parameswari mengatakan, kolaborasi dengan JAFF untuk menyuarakan spirit bersama. Harapannya semakin tumbuh sineas-sineas lokal yang ada di daerah.

Diungkapkan olehnya, potensi lokalitas di film Indonesia sangat besar, karena daerah ini punya banyak pulau dan bahasa berbeda.

“Hantu saja punya jenis banyak, apalagi kalau bahas cerita. Cerita harusnya menjadi sumber daya tidak terbatas di Indonesia. Kita mau nikah saja banyak tahapannya. Itu masing-masing bisa jadi cerita,” kata Ajeng.

Sementara, Film Director and Festival Founder of JAFF Garin Nugroho menekankan pentingnya lokalitas dalam sebuah perfilman.

Menurutnya, semua ramuan lokal dalam film, harus disertai pengetahuan dan keterampilan global.

“Dalam kelokalan, bukan hanya mengandung nilai seni, tetapi juga terdapat bilai sosial, politik, ekonomi dan sebagainya,” tegas Garin, yang juga dikenal sebagai Sutrdara beberapa film populer, salah satunya Pasir Berbisik yang menampilkan aktris ternama Dian Sastrowardoyo.

Comment